12 Pertanyaan Umum, Tips Cara Menjawab Pertanyaan Interview Posisi Marketing

 

Pertanyaan Umum, Tips Cara Menjawab Pertanyaan Interview Posisi Marketing
Marketing Interview

Interview Posisi Marketing

Apa itu marketing/pemasaran?

Marketing atau pemasaran adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. (wiki)

Marketing berhubungan dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Secara garis besar tugas seorang marketing yaitu memperkenalkan produk, sumber penghasilan

atau pendapatan perusahaan dengan penjualan, membangun relasi kepada pelanggan, mencari informasi keperluan konsumen, dan memastikan target penjualan tercapai.

Dan jika anda memiliki keinginan, keterampilan, kemauan untuk menjadi marketing handal atau harus tahu pokok inti apa dari tugasnya. Tetapi di artikel ini kita akan lebih membahas tentang saat interview, jika anda melamar posisi marketing.

Hal apa yang harus tahu dan persiapkan disaat interview dan yakin saat menjawab setiap pertanyaan.

Berikut 12 pertanyaan umum dan tips atau cara menjawab pertanyaan interview untuk posisi marketing:

1. Apa itu marketing

2. Jelaskan 4 poin marketing?

3. Jelaskan kunci dari keberhasilan marketing?

4. Mengapa kamu ingin bekerja di bagian marketing?

5. Apa yang memotivasi kamu untuk bekerja di bidang marketing?

6.  Tolong sebutkan bagaimana kamu meyakinkan orang untuk menerima saran kamu?

7. Apa yang harus diketahui oleh seorang sales baru?

8. Mengapa sistem online marketing sangat effective sekarang?

9. Jelaskan tentang pengalaman kerja ada sebelumnya?

10. Apa skill yang paling penting dibutuhkan dalam marketing?

11. Tolong katakan tentang sebuah produk yang pernah sukses anda pasarkan, dan strategy apa yang anda terapkan?

12. apa perbedaan diantara marketing dan sales?


Jawaban

1. Marketing/pemasaran yaitu:

Ada banyak definisi pemasaran/marketing yang baik yang tersedia di mana-mana sehingga Anda harus memilih yang efektif dan mempersiapkannya untuk didiskusikan dalam wawancara, jika ada beberapa sebagai berikut:

- Pemasaran adalah proses manajemen yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, mengantisipasi, dan memuaskan kebutuhan pelanggan secara menguntungkan.

- Pemasaran adalah mengkomunikasikan nilai suatu produk, layanan, atau merek kepada pelanggan, dengan tujuan untuk mempromosikan atau menjual produk, layanan, atau merek tersebut.

- Proses manajemen melalui mana barang dan jasa berpindah dari konsep ke pelanggan.

- Kegiatan perusahaan yang terkait dengan pembelian dan penjualan produk atau layanan. Ini termasuk iklan, penjualan dan pengiriman produk kepada orang-orang.

2. Empat poin pemasaran:

Produk:
Produk adalah barang dan jasa yang disediakan bisnis anda untuk dijual ke target pasar. Saat mengembangkan produk, anda harus mempertimbangkan kualitas, desain, fitur, uang, biaya pengemasan, layanan pelanggan, dan layanan purna jual berikutnya.

Tempat:
Tempat berkaitan dengan distribusi, lokasi dan metode pengiriman produk ke pelanggan. Ini termasuk lokasi bisnis anda, bagian depan toko, distributor, logistik dan potensi penggunaan internet untuk menjual produk langsung ke konsumen.

Harga:
Harga menyangkut jumlah uang yang harus dibayar pelanggan untuk membeli produk anda. Ada beberapa pertimbangan dalam kaitannya dengan harga termasuk penetapan harga, diskon, pembelian kredit dan tunai serta penagihan kredit.

Promosi:
Promosi mengacu pada tindakan mengkomunikasikan manfaat. Ini melibatkan membujuk konsumen umum untuk menjadi pelanggan bisnis anda menggunakan metode seperti periklanan, pemasaran langsung, penjualan pribadi dan promosi penjualan.

3. Kunci sukses nya  pemasaran adalah penganggaran, penargetan, analisis persaingan, kerja basis pelanggan anda, pengembangan objek.

4.  Mengapa anda ingin bekerja di bagian marketing:

Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan ini adalah, pertama-tama, persiapkan diri dan pengetahuan tentang bidang ini. Luangkan waktu untuk meneliti bidang pemasaran sehingga anda dapat berbicara tentang manfaat bekerja di bidang ini. 

Bandingkan tujuan anda, beri tahu pewawancara yang terbaik yang dapat anda lakukan dalam pekerjaan pemasaran meskipun pertanyaannya adalah mengapa anda ingin bekerja di sini. 

Anda masih perlu meyakinkan pewawancara bahwa mempekerjakan anda akan menguntungkan perusahaan.

[rumah]

5.  Motivasi anda  bekerja sebagai marketing:

Seorang pewawancara mencoba memahami kunci keberhasilan anda dalam pekerjaan yang diwawancarainya, dan ingin memastikan bahwa itu cocok. Jadi, pertimbangkan, sebelum wawancara, 

apa yang sebenarnya memotivasi anda dan berikan beberapa contoh spesifik untuk dibagikan selama wawancara. Semua dalam detailnya. Apa pun yang Anda katakan, anda perlu mendukungnya dengan contoh. 

6. Cara meyakinkan orang lain dengan saran kamu: 

Pertanyaan wawancara seperti ini memberi kesempatan untuk menyoroti keterampilan, ciri-ciri kepribadian, pengalaman dan pengetahuan yang Anda miliki yang akan bermanfaat bagi perusahaan. 

Pewawancara sering beralih ke pertanyaan wawancara perilaku untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana anda menerapkan keterampilan dan pengalaman  pada situasi tertentu. Dalam pertanyaan ini, pewawancara menanyakan tentang keterampilan meyakinkan anda dan bagaimana menggunakannya.

contoh :

Saya pikir yang paling penting adalah mendengarkan apa yang orang lain inginkan. Saya mengajukan pertanyaan terbuka kepada mereka untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang pendapat dan preferensi mereka tentang topik tertentu. Saya mencoba menggabungkan ide mereka dengan ide saya.

7.  Pengetahuan sales baru:

- Perlu mengetahui informasi tentang sejarah perusahaan, kebijakan, aturan dan regulasi, dan lain lain.
- Detail tentang produk, fitur, penggunaan, permintaan
- Sistem dan prosedur yang diikuti oleh perusahaan. Ini mungkin termasuk waktu kerja, lembur, kerja lapangan, budaya kerja organisasi tertentu, dan lain lain
- Pelatihan tentang etika dasar yang perlu diikuti saat menjual produk
- Dia harus mengetahui dasar-dasar penjualan berbagai produk perusahaan.

8.  Efektivitas pemasaran online:

Pemasaran online juga dikenal sebagai pemasaran web, pemasaran internet, pemasaran elektronik. Pemasaran online adalah alat interaktif yang dapat digunakan antara pengguna dan masyarakat luas. 

Pemasaran online sangat efektif karena:

- Pemasaran online memungkinkan statistik diukur dengan lebih mudah dan dengan biaya lebih rendah.

- Biaya pemasaran online agak murah dibandingkan dengan media lain.

- Pemasaran online memungkinkan konsumen di seluruh dunia untuk meneliti dan membeli layanan dan produk dengan kecepatan dan kenyamanan mereka sendiri.

- Pemasaran online memberikan tingkat fleksibilitas yang lebih besar di mana kampanye dapat diubah untuk menguji pasar baru, mengevaluasi program baru, dan membuat perubahan yang lebih spesifik untuk pasar yang ditargetkan.

9. Pengalaman kerja: 

Pengalaman kerja sebelumnya adalah dasar untuk menentukan apakah anda akan menjadi kontributor yang berharga bagi suatu organisasi. Untuk alasan ini, pelamar kerja harus menyajikan pengalaman mereka sebelumnya dengan cara yang menekankan 

bahwa itu akan secara khusus dan signifikan menguntungkan perusahaan perekrutan. Jadi, bagikan masa lalu anda tetapi pengalaman yang baik dengan pewawancara/interviewer  dan apa dan berapa banyak yang telah anda pelajari di sana.

10. Keterampilan terpenting yang dibutuhkan dalam pemasaran adalah:

- Mengambil resiko
- kenali audiensi Anda
- Jadilah pendengar yang baik
- Terbuka untuk ide-ide baru
- Akurat tapi gesit
- Tahu apa yang dilakukan kompetisi
- Gairah cinta pemasaran
- Eksperimen: coba sesuatu yang baru, gagal, coba lagi
- Komunikasi: mengartikulasikan sudut pandang dengan baik melalui berbicara dan menulis
-  Jangan lupa jelaskan 2 keterampilan apa pun kepada pewawancara .

11. Kesuksesan menjual sebuah produk:

contoh: 
Saya di tugasi memperkenalkan merek baru pada konferensi teknologi di Las Vegas. Kami membuat strategi yang melibatkan signage fisik dan hadiah di pusat konferensi,

bersama dengan akun Twitter yang memposting tentang lokasi berikutnya di mana pelanggan dapat menemukan produk kami. Kami mengintegrasikan kampanye dengan tweet konferensi umum melalui penggunaan hastag. Itu sangat menyenangkan.

12. Perbedaan marketing dan sales 

Baik perusahaan besar maupun kecil mengalami konflik internal antara kelompok sales/penjualan dan kelompok pemasaran/marketing yang berasal dari perbedaan pendapat tentang peran pemasaran versus peran penjualan. 

Grup pemasaran cenderung melihat grup penjualan sebagai mekanisme pengiriman di akhir proses pemasaran. 

Grup penjualan cenderung melihat grup pemasaran sebagai penyedia layanan yang membantu grup penjualan untuk menjual dengan lebih mudah.

Kedua sudut pandang tergantung pada perspektif. Jika anda berada dalam pemasaran, mungkin sulit untuk memahami kompleksitas dan beberapa langkah yang terlibat dalam penjualan. 

Demikian pula, orang-orang dalam penjualan sangat fokus pada pembuatan angka sehingga sulit untuk menghargai cara pemasaran meletakkan dasar.


Terimakasih

[rumah]


Post a Comment

Previous Post Next Post