Tugas Tanggung Jawab Chef de Partie(CDP), Demi Chef (Dcdp) dan Commis 1

   

Tugas CDP(chef de Partie)

Tugas dan tanggung jawab Chef de Partie(CDP) ,Demi Chef (Dcdp) dan Commis 1

Chef adalah profesi yang terhormat di berbagai belahan dunia dimana seorang chef harus kompeten secara pengetahuan dan memiliki jiwa seni yang tinggi.

Seorang chef harus bisa berdiri lebih dari 8 jam sehari hingga 12 jam di jam kerja dengan melakukan berbagai aktifitas seperti preparation, estimasi, ordering, plating, organisasi kitchen, cleaning, dan lainnya yang menyita emosi dan otak. 

Seorang chef harus bisa bertahan dan menyeimbang kan diri didalam tekanan kesibukan dengan tetap berfikir dan merasa menggunakan hati.

Didalam organisasi kitchen/dapur khususnya hotel atau resto berbintang terdapat posisi posisi pada tiap orangnya yang dipimpin oleh Executif chef. 

Setiap posisi memiliki tanggung jawab dan keterampilan yang harus dimiliki oleh masing masing nya sesuai pengalaman yang sudah didapat dan bisa dibuktikkan.

Berikut akan dituliskan tanggung jawab dari CDP(chef de partie), Demi Chef dan Commis secara garis besarnya. Artikel berdasarkan dan dikutip dari Job desk hotel chain berbintang 5 seperti Marriot, IHG dan Accor.

CDP(chef de partie)

Posisi: Chef de Partie (CDP)
Laporan ke: Sous Chef/Executive Chef

Ringkasan Posisi:

Chef de Partie adalah chef yang bertanggung jawab atas area produksi(section) tertentu di sebuah restoran atau hotel yang memiliki beberapa juru masak atau asisten(wikipedia)

Sebagai CDP (Chef de Partie), Anda bertanggung jawab untuk mendukung kepala dapur(Executive chef) dan sous chef di dapur hotel yang sibuk, menyajikan makanan berkualitas tinggi yang konsisten, menangani pesanan pembelian di section anda.

Dan memastikan bahwa barang yang tiba tanpa otorisasi dan tidak layak tidak akan diterima berdasarkan standar yang telah ditetapkan.

Memastikan standar tertinggi dan kualitas yang konsisten dalam persiapan sehari-hari dan terus mengikuti perkembangan produk, resep, dan teknik persiapan baru.

Tugas dan tanggung jawab Chef de Partie(CDP):

- Membantu Chef de Cuisine dalam urusan administrasi lainnya untuk outlet.

- Menkoordinasikan tugas harian dengan Sous Chef

- Mampu memperkirakan kebutuhan produksi sehari-hari dan memeriksa kualitas produk makanan mentah dan matang untuk memastikan bahwa standar terpenuhi.

- Mengikuti instruksi dan rekomendasi dari atasan langsung untuk menyelesaikan tugas sehari-hari.

Dapat mengikuti standar yang ditetapkan, metode memasak, gambar presentasi; hidangan disiapkan dengan cara yang paling otentik sebagai standar yang ditetapkan dan disetujui oleh Chef de Cuisine.

- Berkonsultasi setiap hari dengan Sous chef dan Executive chef tentang kebutuhan sehari-hari, fungsi, dan juga tentang acara di menit-menit terakhir.

-Memiliki pengetahuan yang sangat baik dalam pembuatan menu, sambil mempertahankan kualitas dan mengendalikan biaya dalam bisnis makanan volume.

- Mengurus persiapan makanan sehari-hari dan tugas yang diberikan melalui atasan untuk memenuhi standar dan kualitas yang ditetapkan oleh restoran.

- Bertanggung jawab untuk mengawasi Junior chef, Commis

- Memastikan bahwa produksi, persiapan, dan penyajian makanan selalu berkualitas tinggi.

-Pengetahuan tentang semua prosedur dan kebijakan standar yang berkaitan dengan penyiapan, penerimaan, penyimpanan, dan sanitasi makanan.

- Memastikan tingkat tertinggi kepuasan tamu, kualitas, operasi dan biaya makanan secara berkelanjutan.

- Kesadaran penuh dan mengetahui dari semua item menu, resep, metode produksi dan standar presentasi.

-Mengikuti standar pengawetan/penyimpanan yang baik untuk penanganan yang tepat dari semua produk makanan pada suhu, label, produksi yang tepat.

-Mengoperasikan dan memelihara semua peralatan departemen dan melaporkan bila ada kerusakan atau ketidaksesuaian.

-Memastikan komunikasi yang efektif antara staf dengan menjaga lingkungan kerja yang aman dan ramah.

-Secara pribadi, bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, dan penggunaan peralatan dan perlengkapan yang benar dan memberi pelatihan penggunaan barang kepada junior.

- Kemampuan untuk menghasilkan karya sendiri sesuai dengan tenggat waktu dan untuk membantu dan mendorong orang lain dalam mencapai tujuan dan standar sama.

-Memeriksa tanggal kedaluwarsa secara berkala dan penyimpanan makanan yang tepat di bagian operasional, penyimpanan (chiller, freezer).

-Membimbing dan melatih bawahan setiap hari untuk memastikan motivasi tinggi dan lingkungan kerja yang ekonomis dan memanfaatkan waktu kerja dengan efisien.

-Memberi contoh kepada orang lain untuk kebersihan kitchen operasional dan kebersihan pribadi di dalam dan di luar tugas.

- Secara efektif mengontrol kebersihan dan pemeliharaan dapur dan area stewarding setiap saat dan mendukung pemeriksaan harian yang dilakukan oleh supervisor mereka.

-Menilai kontrol kualitas dan mematuhi standar layanan hotel dan melaksanakan tugas lain yang diminta oleh manajemen.

Syarat dan Keterampilan skill:

- Harus memiliki pengalaman minimal 3 tahun di posisi yang sama.

- Kemampuan membaca, menulis, dan verbal dalam bahasa Inggris.

- Pengetahuan yang kuat tentang HACCP.

- Keahlian komputer yang kompeten termasuk Office 365 atau setara

- Mampu memberi masukan yang membangun kepada Chef de Cuisine/Jr. Chef de Cuisine dan penilaian tahunan kepada Demi Chef de Partie dan Cook I & II.

- Mendorong komunikasi antar departemen yang proaktif, efisien dan efektif di dalam dan di luar divisi Food and Beverage untuk mempromosikan iklim kerja tim dan antusiasme.

- Pengetahuan yang kuat dalam menggunakan berbagai metode memasak, bahan, peralatan, sistem manajemen kinerja dan proses, perhatian terhadap detail dan kemampuan untuk mengatur dan menangani banyak tugas.


source (Mandarin Oriental Careers)

Terimakasih telah membaca artikel ini, di artikel berikutnya akan dijelaskan tugas dan tanggung jawab Demi Chef (Dcdp) dan Commis. 

 

 [back]

 

Post a Comment

Previous Post Next Post